Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Keamanan Jaringan


Hai..Hari ini saya akan nge-posting tentang..

Keamanan Jaringan 

langsuuuung ke topik ajaaaa yaah,,cekidot .

Data-data yang dikirim melalui jaringan komputer dan internet sebagian adalah data-data penting.
 
Hal ini mengundang pihak lain untuk mencuri data-data tersebut dengan tujuan yang bermacam-macam. Nah di sini, keamanan data menjadi hal yang sangaaat penting, karena jika username dan password milik kita diketahui orang lain, tentu saja yang dirugikan adalah kita sendiri.
Sementara, berdasarkan hasil penelitian, tidak ada jaringan komputer yang benar-benar aman dari serangan hacker, cracker, spam, e-mail bomb, dan virus komputer. Yang dapat dilakukan adalah menjaga jangan sampai jaringan tersebut mudah ditembus, sambil terus berusaha meningkatkan jaringan komputer kita.

Beberapa cara untuk mengamankan Jaringan Komputer ;

1. Internet Firewall

Internet Firewall berfungsi untuk mencegah akses dari pihak luar ke sistem internal. Firewall bekerja dengan 2 cara menggunakan filter dan proxy.
  •   Firewall filter adalah menyaring komunikasi agar terjadi seperlunya saja,hanya aplikasi tertentu saja yang bisa lewat dan hanya komputer dengan identitas tertentu saja yang bisa berhubungan.
  •    Firewall Proxy berarti menginzikan pemakai dari dalam untuk mengakses internet seluas-luasnya, namun dari luar hanya dapat mengakses satu komputer tertentu saja.



2. Kriptografi 

Kriptografi merupakan seni menyandikan data yang akan dikirim melelui internet. Data asli yang akan disandikan disebut data text , sedangkan data hasil penyandian disebut dengan chiper text . Proses enskripsi terjadi dikomputer pengiriman sebelum data tersebut dikirimkan, sedangkan Proses dekripsi terjadi di komputer penerima sesaat setelah data diterima sehingga si penerima dapat mengerti data yang dikirim.

3. Secure Socket Layer ( SSL)

Secure Socket Layer ( SSL) berfungsi untuk menyandikan data. Dengan cara ini komputer-komputer yang berada diantara komputer pengiriman dan penerima tidak dapat lagi membaca isi data.

Sekiaaaaaaaannn..Semoga bermanfaat ^^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar